Sabtu, 13 November 2010

PONSEL ANDROID

Era ponsel pintar (smartphone) memang sudah dimulai beberapa tahun silam. Namun, smartphone terdahulu kebanyakan tidak dapat berekspansi dengan bebas karena rata-rata bukan bersifat sistem operasi terbuka (open source) seperti Windows Mobile.
Keterbatasan inilah yang menyebabkan jenuh dan turunnya popularitas smartphone. Namun, sepertinya era smartphone generasi berikutnya kembali merebak seiring lahirnya sistem operasi terbuka untuk ponsel, android. Kini, kita mengenal dan sering mendengar tentang ponsel android.
Definisi
Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat telepon selular yang berbasiskan Linux. Awalnya, android diciptakan oleh Android Incorporation yang kemudian diakuisisi dan dikembangkan secara matang oleh Google.
Platform android sendiri dirancang secara terbuka (open source) sehingga memungkinkan para pengguna menciptakan kreasi sendiri hingga ketingkat advance. Yang luar biasa, lisensi untuk sistem operasi ini adalah gratis.
Sejarah Perkembangan
Android yang memiliki logo bergambar robot hijau ini, diluncurkan pertama kali pada 2007. Kemudian, Google mengembangkan sistem android untuk memanjakan penggunanya dengan menciptakan beragam fitur luar biasa dan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan kinerja hardware.
Versi-versi android pun bermunculan, seperti versi 1.5 (Cupcake), 1.6 (Donut), 2.0 (Éclair), hingga yang terakhir resmi diluncurkan versi 2.2 (Froyo).
Pada 5 November 2007, dibentuklah sebuah aliansi yang bernama Open Handset Alliance. Aliansi ini beranggotakan para vendor besar perangkat mobile, antara lain Texas Instruments, Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG dan lain-lain.
Aliansi ini bekerja sama untuk mengembangkan sistem operasi android pada perangkat telepon selular. Hasilnya, kini telah lahir banyak perangkat telepon selular berbasis android untuk berbagai level, mulai level kelas menengah hingga kelas atas layaknya komputer personal.
Keunggulan Android
Banyaknya vendor besar ataupun para developer mandiri yang membuat aplikasi untuk platform android menjadi salah satu keunggulan utama ponsel android. Android sendiri membuka fasilitas untuk mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut yang bernama Android Market.
Android Market dapat diakses dengan mudah melalui ponsel-ponsel android. Sudah bisa kita tebak bahwa ponsel android sangat mengandalkan koneksi internet pada ponsel untuk mengakses Android Market ataupun mengunduh update-update patch.
Begitu banyak aplikasi di Android Market yang dapat dengan mudah diakses hingga mencapai ratusan ribu. Aplikasi tersebut ada yang gratis ataupun berbayar dan juga menyediakan berbagai kategori, game, hiburan, utilitas, GPS, hingga kesehatan.
Fitur-fitur ini jelas menjadikan ponsel android sebagai sesuatu yang dapat sangat berguna di kehidupan Anda sehari-hari. Satu barang dengan paket yang lengkap.
Hingga kini, android terus berkembang dengan cepat. Tentu hal ini juga dipicu oleh adanya pesaing bisnis pada pasar yang sama seperti iPhone dari Apple Inc.
Potensi pasar ponsel android tidak dapat diragukan lagi karena di Indonesia sendiri permintaan akan ponsel-ponsel canggih berbasis android telah meningkat tajam sehingga menjadi lahan menggiurkan bagi para vendor untuk menelurkan berbagai ponsel atau perangkat berbasis android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar